Jakarta Di Serbu Poster dan Spanduk (Pohon Jadi Korbannya)


Kotor dan kumuh itulah sedikit gambaran mengenai pilkada. Banyak poster dan Spanduk berserakan dimana-mana. Membuat Pilkada menjadi momok menakutkan bagi warga Jakarta.

Pemilihan kepala daerah (Pilkada)  tinggal hitungan hari saja. Masa kampanye masih 2 minggu lagi, ternyata Jakarta sudah diserbu poster, stiker dan spanduk para cagub. Sementara pohon selalu menjadi korban penempelan yang ditancap dengan paku. Bukan hanya itu saja, pohon-pohon tersebut, juga dicat sehingga membuat pohon menjadi tidak alamiah lagi.

Hal tersebut bukan saja mencerminkan perilaku tidak baik, tetapi juga berdampak buruk terhadap tumbuh kembang pohon itu sendiri. “Pohon itu akan tersiksa dan berdampak pada pertumbuhannya, walaupun dia akan sembuh lagi, tapi coba kita ibaratkan manusia yang tertusuk paku, paling tidak dalam satu hari dia akan demam, begitu juga pohon,” kata Husaini.(dikutip dari The Atjeh Post).

Penempel poster dan stiker wajib membersihkan hasil tempelannya 3 hari sebelum hari pencoblosan. Tapi dari pengalaman berapa banyak yang serius membersihkan hingga tuntas? Jangankan demikian, bahkan sebelum periode kampanye dimulai, sudah banyak sekali poster-poster bertebaran. Dan ketika dikeluhkan, para calon cagub ini tidak merespon. Seakan menunjukkan hal tersebut sudah menjadi budaya dan bukan urusan dia lagi.

Lalu siapa yang paling dirugikan dari ketidakpedulian para calon gubernur(cagub)? Bukan cagub tersebut tentunya, tapi warga kota yang harus melihat poster-poster menginvasi ruang kota seperti di tempat-tempat fasilitas umum seperti tiang listrik, tiang telepon, pohon peneduh hingga halte. Seakan tidak mempedulikan bahwa kota ini adalah milik bersama.

Bagaimana bisa mempercayakan kota ini terhadap orang-orang yang tidak mempedulikan kebersihan dan ketertiban kota? Masa-masa dimana seharusnya para cagub mengambil hati dengan program-program unggulan dan tindakan simpatik, tapi justru malah sebaliknya.

[Ridwan Ardianto dan Arief Afrizal]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s