Wisata Air Panas Gunung Kapur Bogor

Sumber: Lihat Di sini

JAKARTA, NEWS MAKS.WORDPRESS.com – Mendengar kata “Gunung Kapur” pikiran orang pasti tidak akan menyangka bahwa di sana ada lokasi wisata air panas.

Bogor, kota inilah yang saya pilih untuk menghilangkan penat bersama keluarga beberapa bulan yang lalu. Tepatnya pada hari minggu tanggal 11 maret 2012. Kami sekeluarga Mempunyai tempat wisata yang wajib dikunjungi. Yaitu, pemandian air panas Tirta Sanita yang berada di Desa Bojong Indah, Kecamatan Parung.

Harga tiket masuk ke lokasi ini di tetapkan sebesar Rp10.000/orang. Sebelum memasuki kawasan ini, kami diminta untuk membayar sebesar Rp 1.000 / motor dan Rp2000/ mobil untuk sumbangan lingkungan setempat. Akses menuju tirta sanita juga mudah.  Dari arah Bogor,  jampang – perempatan Ciseeng lalu ambil jalan lurus ke arah Gunung Kapur, jika dari arah Jakarta sebaiknya melalui Tol Pondok Indah-Serpong, melewati Muncul/Puspitek sampai perempatan pasar Prungpung ambil jalan lurus kurang  lebih 4 kilometer menuju ke Lokasi yang berada di sebelah kiri jalan. Jika tidak lewat jalan Tol, rutenya melewati Lebak Bulus, Pondok Cabe, Parung,  dan Ciseeng.

Untuk mencapai Bogor, kami  menggunakan kendaraan pribadi yaitu mobil kijang. Yang berpenumpang 5 orang. Lama perjalanan menuju tempat pemandian air panas sekitar 30 menit. Tidak jauh,  hanya 20 kilometer  dari pusat Kota Bogor, atau dari Jakarta hanya 30 kilometer. Karena lokasi rumah kami  berada di daerah kota Depok, perjalanan ini tidak akan memakan waktu yang banyak.

Memasuki gerbang pemandian air panas Tirta Sanita, tampak deretan pohon  teratur rapi di sisi kiri dan kanan. Beberapa meter kemudian pengunjung akan di suguhi pemandangan bukit kapur yang merupakan sentral dari lokasi pemandian ini. Kombinasi warna putih, abu-abu dan hitam terpadu dengan kontrast, serasi dengan warna hijau dedaunan pohon yang cukup banyak tumbuh disekitarnya. Pada beberapa bagian dari bukit ini di pahat menyerupai anak tangga sehingga  memungkinkan pengunjung untuk mendakinya.

Selain mandi air panas, di tempat ini kami juga bisa menikmati pemandangan yang indah, karena di sekitarnya terhampar panorama gunung dengan udaranya yang segar. Para   pengunjung  dapat naik ke atas pegunungan untuk melihat pemandangan alam sekitarnya. Setelah puas melihat pemandangan, kami langsung menuju tempat parkir untuk bergegas pulang. Dan tak disangka-sangka. Penduduk setempat yang bernama ipul yaitu salah satu petugas parkir, memberikan kami sebuah informasi mengenai adanya air panas lain disekitar Tirta Sanita. « [ridwanardianto dan Sigit]»

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s